Skip to main content

Negeri Para Preman (jilid 2)

Apa yang terjadi pada seorang bapak yang tewas secara tragis dengan cara dianiaya dan dibakar oleh massa karena disangka ia adalah seorang maling di Bekasi adalah sebuah tindakan yang sungguh sangat biadab dan tak bisa dimaafkan. Kalau memang kita negara hukum, maka dimata hukum semua warga negara memiliki kedudukan yang sama, dari presiden sampai penjahat paling biadab sekalipun, mereka memiliki hak  untuk mendapatkan keadilan di pengadilan dengan sebaik-baiknya bukannya di jalanan.

kejadian tragis tersebut yang kembali  terjadi hanya semakin mempertegas posisi kalau kita belum sepenuhnya bertransformasi menjadi masyrakat merdeka seutuhnya. Karena orang yang sepenuhnya merdeka adalah bukan hanya dari segi fisiknya saja, tapi juga dari dalam, dari pikirannya, merdeka dari kebencian, prasangka, dan semua pikiran dan ide yang tidak menghargai harga hidup orang lain.

Kasus penganiayaan, dan pembakaran massa terhadap pelaku kriminal di jalan-jalan adalah gambaran dari masyarakat yang barbar, tidak mengenal hukum dan etika. Tidak sepatutnya kita sebagai bangsa yang berasaskan “kemanusiaan yang adil dan beradab” masih mengadopsi perilaku-perilaku yang bertentangan dengan rasa kemanusiaan, apalagi di jaman seperti sekarang.

Yang penulis maksud adalah, jaman dimana kekerasan bukan lagi  sebagai satu-satunya solusi untuk menyelesaikan masalah. Masa gelap itu sudah kita tinggalkan, masa dimana umat manusia saling berperang, membunuh, memperkosa, dan menjarah antara kelompok satu dengan yang lain. Kita telah naik tingkat menjadi manusia yang mengenal welas asih, cinta, harapan, dan pengampunan sebagai cara yang tepat untuk meng-counter- kebencian, murka, dan kerusakan.

Kita bukan lagi termasuk dalam golongan masyrakat yang masih mempercayai kalau kekerasan adalah jalan satu-satunya agar mendapat respect dari orang lain, kita bukan lah orang yang lebih bangga menunjukkan otot nya daripada menggunakan otaknya, kita bangsa beradab dan memiliki nilai-nilai luhur sebagai identitas kita yang sangat berharga, jangan merusaknya hanya karena nafsu binatang sekejap saja.

Indonesia adalah satu-satunya negara dimana eksekusi jalanan masih sering kali terjadi dan dibiarkan begitu saja oleh aparat, karena kita sama-sama berpikir toh yang kebanyakan menjadi korban adalah para pelaku kejahatan, kita merasa mereka pantas mendapatkan perlakuan keji semacam itu, tewas dengan mengenaskan di jalanan.

Lalu bagaimana dengan kriminal-kriminal lainnya?, yang kejahatan mereka lebih parah, lebih tidak manusiawi dari si tukang maling sendal mushala tadi? Pelaku korupsi uang rakyat milyaran rupiah itu dengan santai saja cengar-cengir di depan kamera? Terus adil nya dimana?. Disatu sisi kita mengutuk para koruptor itu tapi disisi yang lain kita juga merampas hak hidup saudara sendiri, hak untuk mendapatkan keadilan, sama seperti yang didapatkan koruptor tadi.

Memang masyrakat memiliki alasan untuk bertindak seperti itu, seperti mereka telah berulang kali menjadi korban kejahatan, maling misalnya, daerahnya menjadi rawan perampokan saat ini karena petugas atau polisi belum juga dapat menangkap sang penjahat, dan seterusnya. Tapi sekali lagi nyawa seorang manusia tidak bisa dibandingkan dengan apapun, nyawa adalah hak hidup eksklusif setiap manusia yang hanya sekali ia dapatkan sepanjang hidupnya dan itu datangnya hanya dari Allah SWT, kalau hilang ya sudah , tamat.

Eksekusi jalanan sudah saatnya dihentikan, dan aparat berwenang harus bertindak tegas agar tidak ada lagi yang namanya main hakim sendiri. Kalau memang kita masih mempercayai hukum sebagai landasan negara ini dalam mencari keadilan, maka serahkan semuanya pada mekanisme yang ada, tidak boleh ada lagi aksi premanisme di jalan-jalan, selain merugikan orang lain, aksi barbar semacam itu adalah contoh buruk untuk anak-anak kita kelak.


Comments

Popular posts from this blog

pemahaman etika menurut Aristoteles dan Immanuel Kant

MENURUT ARISTOTELES Etika adalah Ilmu yang membahas perbuatan baik dan perbuatan buruk manusia sejauh yang dapat dipahami oleh pikiran manusia. Istilah lain yang iden¬tik dengan etika, yaitu: • Susila (Sanskerta), lebih menunjukkan kepada dasar-dasar, prinsip, aturan hidup (sila) yang lebih baik (su). • Akhlak (Arab), berarti moral, dan etika berarti ilmu akhlak. Filsuf Aristoteles, dalam bukunya Etika Nikomacheia, menjelas¬kan tentang pembahasan Etika, sebagai berikut: • Terminius Techicus, Pengertian etika dalam hal ini adalah, etika dipelajari untuk ilmu pengetahuan yang mempelajari masalah perbuatan atau tindakan manusia. • Manner dan Custom, Membahas etika yang berkaitan dengan tata cara dan kebiasaan (adat) yang melekat dalam kodrat manusia (In herent in human nature) yang terikat dengan pengertian “baik dan buruk” suatu tingkah laku atau perbuatan manusia. Pengertian dan definisi Etika dari para filsuf atau ahli berbeda dalam pokok perhatiannya; antara lain:

Pendidikan Tidak Membuat Seseorang Menjadi Kaya

Pendidikan yang tinggi tidak membuat seseorang menjadi kaya, kerja keras dan usaha iya. Pendidikan hanya membuka perspektif baru yang lebih luas terhadap seseorang, memberi nya lensa baru, kacamata yang lebih beragam, berbeda dan lebih berwarna dalam memandang dan memaknai kehidupan. Kehidupan setelah menempuh pendidikan, adalah fase dimana seseorang sadar kalau dirinya tak disiapkan untuk menghasilkan uang, karna memang bukan itu tujuan dari sebuah pendidikan. Kita semua menyadari kalau pendidikan dinegeri ini mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi materi pembelajaran utamanya masih hanya berupa teori minim eksekusi atau praktek. Alhasil siswa yang dihasilkan hanya pintar bicara tapi minim aksi nyata. Konsep pemikiran buah dari pendidikan yang tinggi kalau hanya untuk mendapatkan materi sebanyak-banyaknya harus segera diubah, karna materi sebagai sebuah tujuan sangat kecil nilainya dan tidak bisa dibandingkan dengan ilmu pengetahuan yang didapat. Ilmu tidak bisa dibandi

HIDUP DIATAS STIGMA (puisi essay)

Tak pantaskah aku hidup selayaknya mereka? Tak bisakah aku bermain selayaknya anak biasa? Tak ada lagikah bagiku kesempatan untuk menuliskan cita-cita tanpa embel-embel pembangkangan dibelakangnya? Tak adakah harapan bagiku menjalani sisa hidup tanpa stigma atas dosa masa lalu ayah ibuku yang tak sepenuhnya mereka kerjakan? Inikah garis hidup yang engkau gariskan Tuhan, pada seorang gadis kecil tak tahu apa-apa dan tak tau arah mengadu kemana? PROLOG Gadis kecil itu tak tahu apa-apa Ditinggal ayah dan bundanya entah kemana Orang bilang diasingkan atau dilenyapkan Sungguh dua kata asing baginya dan semakin membingungkan saja Berjalan sendiri mengarungi hidup Tanpa punya tempat mengadu dan menyandarkan bahu kecil dan tubuh kurusnya Si gadis kecil dengan mimpi besar Seolah berjalan sendiri tanpa harapan Diana namanya. Ya, hanya diana saja Tanpa embel-embel nama belakang Apalagi bin dan binti yang menandakan kalau dia punya orang tua Setiap k