Skip to main content

What school is,..???


Ketika dunia telah melaju dengan sangat cepat, bersama segala bentuk perkembangan dan kemajuan teknologi nya, manusia adalah makhluk pertama yang bertanggung jawab atas kenyataan itu dan seharusnya mampu mengontrol keadaan tanpa harus kehilangan arah. Tuntutan untuk mensejajarkan diri dengan kemajuan itu semakin hari semakin meningkat, manusia sebagai makhluk berakal sadar sepenuhnya kalau meningkatkan kualitas diri menjadi sebuah keniscayaan. Dengan jalan pendidikan salah satunya.

Setiap negara di dunia ini sekarang menjadikan pendidikan sebagai salah satu program penting demi mensukseskan cita-cita setiap negara agar warganya mampu mensejajarkan diri dengan perkembangan jaman dan berguna bagi kemajuan negara mereka. Karna pemahaman kebanyakan orang negara yang maju adalah berkat orang-orangnya yang berpendidikan tinggi, berpengetahuan luas yang akhirna mampu memajukan negara menuju apa yang disebut sebagai “negara maju dan berkembang”.

Namun sistem pendidikan saat ini sayangnya telah berubah haluannya. Hanya Menjadi mesin pencipta robot yang berorientasi pada materi dan yang berkilau saja. Sistem pendidikan kita saat ini hanya membentuk persepsi dalam diri anak didik kalau hidup yang menjadi tujuan adalah masa dimana di suatu hari nanti mereka mampu hidup berlimpah harta, anak dan istrinya bahagia tanpa peduli apa yang ada dan terjadi disekelilingnya. Jadi sisi yang paling banyak disentuh itu adalah nalar, otak. Bukannya sisi perasaan,sosial, kemanusiaannya yang harusnya menjadi prioritas bagi siapa saja yang berkecimpung didunia pendidikan di negeri ini. Anak adalah mesin foto kopi paling cepat di dunia, mereka akan menagdopsi dengan cepat apa yang mereka lihat dan dengar disekelilingnya, jadi tak heran kalau ada peribahasa “buah jatuh tak jauh dari pohonnya”, jangan salahkan kalau mendapati seorang anak masih kecil sudah merokok, mencuri, lihat dulu bagaimana orang tuanya mendidiknya, lingkungan tempat tinggalnya, dan teman-temannya, yang sudah pasti menjadi area yang paling banyak memberikan pengaruh bagi tumbuh kembang setiap anak yang dalam masa pertumbuhan.

Sekolah pun saat ini bukan lagi menjadi tempat yang mengasyikkan, sekolah berubah menjadi momok yanag menakutkan. karna apa yang terdapat dan terjadi didalamnya tidak lagi mencerminkan apa yang seharusnya berada dalam dunia pendidikan, seperti situasi yang tenang, harmonis satu sama lain, dan perasaan mengayomi dari para pendidik sudah langka didapati. Ironisnya yang justru kita dapati yaitu anak-anak kita di –bully- ditempat seharusnya mereka mandapatkan pengatahuan dan teman-teman  yang baik. Sangat miris melihat berita-berita di media dimana nyawa seolah melayang begitu saja oleh tangan seniornya disekolah, universitas dan institusi pendidikan lainnya. Maka timbullah satu pertanyaan lagi mengenai sistem pendidikan negeri ini, sebenarnya apa yang mereka ciptakan di dalam sana (sekolah, universitas, dan institusi pendidikan lainnya), monsterkah sampai-sampai selalu saja ada berita mengenai penganiayaan setiap tahunnya dan lebih memprihatinkan lagi selalu memakan korban. Come on,. Kita sudah bukan lagi berada di jaman batu dimana kekerasan menjadi satu-satunya jalan menjadi opsi pemecahan suatu masalah, janganlah kembali menjadi manusia terbelakang yang menyelesaikan segala hal dengan cara kekerasan, percuma kita diberkahi akal pikiran kalau tidak mau dan mampu mengggunakannya.

Jangan tanya dimana pemerintah ketika semua hal diatas terjadi, mereka masih terlalu sibuk dengan ururannya masing-masing, maksudnya yaitu diri mereka sendiri, keluarga dan partai-partainya. Lihatlah diatas sana, digedung serba megah dimana mereka seharusnya mewakili setiap nyawa yang ada dinegeri ini, kenyataannya mereka ribut seperti orang tak berbudaya di tempat yang seharusnya menjadi representasi dari sebuah jargon sakti “dari rakyat, oleh rakyat, untuk rakyat”. Tapi yang tampak bukan rakyat, kami tak melihat ada rakyat disitu, hanya arogansi, kebodohan, perut buncit, dan partai yang dimanasaja saja selalu mengatasnamakan rakyat.

perkembangan teknologi informasi dewasa ini membuka selebar-lebarnya kesempatan bagi siapapun untuk mengakses informasi, ini dapat menjadi jalan bagi siapapun yang ingin mengetahui perkembangan dunia dan mencari ilmu pengetahuan. Bangku sekolah bukan lagi menjadi jalan satu-satunya untuk mendapatkan pendidikan, tidak juga mengecilkan arti pentingnya sekolah, tapi para orang tua harus lebih aware bahwa institusi pendidikan bukanlah satu-satunya pihak yang harus dibebani tanggung jawab besar mengedukasi putra-putri mereka, tempat pertama dalam hidup anak yang paling berpengaruh dan membawa dampak besar terhadap psikologis dan emosional anak tentu saja keluarga.


Mari jadikan sekolah kita dan institusi pendidikan lainnya itu sebagai lembaga yang berorientasi pada pembentukan karakter anak, mengisi jiwa-jiwa mereka dengan contoh teladan nyata, bukan lagi memaksakan kehendak dengan mewajibkan mereka menghafal segala macam hal, karna hidup yang sebenarnya lebih dari sekedar pintar, tapi adalah kecerdasan bersosialisasi dan mengelola emosi. Satu hal yang paling penting juga yaitu sisi spiritual anak, anak yang dari kecil sudah dibiasakan mengenal tuhannya, berpedoman pada baik-buruk perbuatan, maka dia akan selalu berhati-hati dalam bertindak. Karna sosok panutan dalam diri anak, adalah cetak biru dimasa depan mereka akan menjadi apa.   

Comments

Popular posts from this blog

pemahaman etika menurut Aristoteles dan Immanuel Kant

MENURUT ARISTOTELES Etika adalah Ilmu yang membahas perbuatan baik dan perbuatan buruk manusia sejauh yang dapat dipahami oleh pikiran manusia. Istilah lain yang iden¬tik dengan etika, yaitu: • Susila (Sanskerta), lebih menunjukkan kepada dasar-dasar, prinsip, aturan hidup (sila) yang lebih baik (su). • Akhlak (Arab), berarti moral, dan etika berarti ilmu akhlak. Filsuf Aristoteles, dalam bukunya Etika Nikomacheia, menjelas¬kan tentang pembahasan Etika, sebagai berikut: • Terminius Techicus, Pengertian etika dalam hal ini adalah, etika dipelajari untuk ilmu pengetahuan yang mempelajari masalah perbuatan atau tindakan manusia. • Manner dan Custom, Membahas etika yang berkaitan dengan tata cara dan kebiasaan (adat) yang melekat dalam kodrat manusia (In herent in human nature) yang terikat dengan pengertian “baik dan buruk” suatu tingkah laku atau perbuatan manusia. Pengertian dan definisi Etika dari para filsuf atau ahli berbeda dalam pokok perhatiannya; antara lain:

Pendidikan Tidak Membuat Seseorang Menjadi Kaya

Pendidikan yang tinggi tidak membuat seseorang menjadi kaya, kerja keras dan usaha iya. Pendidikan hanya membuka perspektif baru yang lebih luas terhadap seseorang, memberi nya lensa baru, kacamata yang lebih beragam, berbeda dan lebih berwarna dalam memandang dan memaknai kehidupan. Kehidupan setelah menempuh pendidikan, adalah fase dimana seseorang sadar kalau dirinya tak disiapkan untuk menghasilkan uang, karna memang bukan itu tujuan dari sebuah pendidikan. Kita semua menyadari kalau pendidikan dinegeri ini mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi materi pembelajaran utamanya masih hanya berupa teori minim eksekusi atau praktek. Alhasil siswa yang dihasilkan hanya pintar bicara tapi minim aksi nyata. Konsep pemikiran buah dari pendidikan yang tinggi kalau hanya untuk mendapatkan materi sebanyak-banyaknya harus segera diubah, karna materi sebagai sebuah tujuan sangat kecil nilainya dan tidak bisa dibandingkan dengan ilmu pengetahuan yang didapat. Ilmu tidak bisa dibandi

HIDUP DIATAS STIGMA (puisi essay)

Tak pantaskah aku hidup selayaknya mereka? Tak bisakah aku bermain selayaknya anak biasa? Tak ada lagikah bagiku kesempatan untuk menuliskan cita-cita tanpa embel-embel pembangkangan dibelakangnya? Tak adakah harapan bagiku menjalani sisa hidup tanpa stigma atas dosa masa lalu ayah ibuku yang tak sepenuhnya mereka kerjakan? Inikah garis hidup yang engkau gariskan Tuhan, pada seorang gadis kecil tak tahu apa-apa dan tak tau arah mengadu kemana? PROLOG Gadis kecil itu tak tahu apa-apa Ditinggal ayah dan bundanya entah kemana Orang bilang diasingkan atau dilenyapkan Sungguh dua kata asing baginya dan semakin membingungkan saja Berjalan sendiri mengarungi hidup Tanpa punya tempat mengadu dan menyandarkan bahu kecil dan tubuh kurusnya Si gadis kecil dengan mimpi besar Seolah berjalan sendiri tanpa harapan Diana namanya. Ya, hanya diana saja Tanpa embel-embel nama belakang Apalagi bin dan binti yang menandakan kalau dia punya orang tua Setiap k