Skip to main content

PENGHIANATAN DARAH DAN REFORMASI

Beberapa waktu kemarin, belum lama ini, kita baru saja memperingati Tragedi 98 atau yang lebih dikenal dengan tragedi Semanggi. Puluhan media dari segala bentuk kembali mengangkat luka lama ke permukaan headline berita mereka, hanya saja kali ini lebih berbau politis karna terasa memojokkan seseorang sebagai kambing hitam.

Tragedi Semanggi merupakan satu peristiwa, tonggak sejarah dimulainya sebuah gerakan mahasiswa dan rakyat (people power) melawan kesewenang-wenangan pemerintah saat itu. Walau pada prosesnya pergerakan yang menumbalkan puluhan korban jiwa ini membawa banyak kenangan pahit dan tragis, korban mulai dari warga sipil sampai etnis-etnis tertentu yang terenggut rasa kemanusiaannya.

Rasanya tak elok kalau kembali membuka aib bangsa ini,. Let’s move on..

Mengapa darah? (kembali ke judul). Darah adalah hal termahal yang dikorbankan para mahasiswa ketika memperjuangkan reformasi segala lini dan menuntut lengsernya penguasa yang seakan tak tersentuh ketika itu. Darah dapat berarti nyawa, hidup, dan masa depan mereka yang tergadaikan oleh aksi bejat nan tak bertanggung jawab, tertembus peluru bangsanya sendiri, yang ironisnya sedang ia perjuangkan ketika meregang nyawa.

Mengapa reformasi? Reformasi adalah visi, apa yang menjadi tujuan perjuangan kawan-kawan mahasiswa waktu itu, reformasi dibutuhkan sebagai sebuah bentuk penyegaran sistem birokrasi yang dinilai sudah tak lagi berpihak pada rakyat. Reformasi dibutuhkan sebagai jaminan bahwa bangsa yang besar ini tak lagi butuh dipimpin oleh seorang diktator, yang hanya memperkaya diri sendiri, keluarga dan kroni-kroninya saja.  Jadi tak ada bedanya dengan waktu kita dijajah, hanya saja ketika itu kita hanya tak sadar saja kalau sedang dijajah, oleh bangsa sendiri.

Tak ada kebebasan berekspresi, media dibredel, segala sektor industri dikuasai keluarga dan golongan sendiri.

Mengapa penghianatan?. Karna itulah yang kita saksikan kini. Perjuangan dengan nyawa sebagai taruhannya dari martir-martir anak-anak bangsa sendiri dikhianati begitu saja oleh para pelaku media saat ini (mereka hanya salah satunya saja), kebebasan yang diperjuangkan setengah mati bahkan sampai mati itu telah dilupakan.  Cita-cita yang digantungkan sejak awal mula dimulainya gerakan perlawanan seakan hilang tak berbekas, mereka lupa pada para pendahulunya, pendiri bangsa ini dan secara sadar dan terencana menghianati pengorbanan mereka.

Jelas sekali bentuk penghianatan itu, menggunakan aset negara (frekuensi publik) untuk kepentingan diri sendiri dan golongannya saja. Memberikan informasi yang tak berimbang dan memihak kubu tertentu,  karna sang pemilik perusahaan maunya begitu. Media kini hanya berorientasi keuntungan tanpa mengindahkan aturan perundang-undangan dan kode etik jurnalistiknya.

Apalagi? Apalagi? Apalagi? Yang kalian harapkan dari orang-orang berkuasa diatas sana, mereka tak lagi memperdulikan kalian rakyat jelata, mereka hanya butuh kalian ketika pemilu saja untuk ditebus suaranya dengan lembaran rupiah. Media massa adalah sektor vital yang seharusnya menjadi anjing pengawas jalannya suatu pemerintahan disuatu negara berpaham demokrasi, yah walau akui saja kita belum bisa memahami demokrasi dengan seharusnya. Demokrasi justru diartikan sebagai kebebasan sebebas-bebasnya menguasai apa saja selama itu atas nama rakyat Indonesia.

Penghiatanatan itu kini dipertontonkan teman-teman, dan kita adalah penontonnya...

Jangan pernah mempercayai apapun yang anda dengar dan lihat dari media sekarang ini, kalau tidak anda akan terprovokasi dan akhirnya akan memilih dan memihak  pada sesuatu yang keliru, karna penyesalan selalu datang di ending nya saja dan tidak akan merubah apa-apa.


“DON’T TRUST” ADALAH SLOGAN KITA SEKARANG!!!

Comments

Popular posts from this blog

pemahaman etika menurut Aristoteles dan Immanuel Kant

MENURUT ARISTOTELES Etika adalah Ilmu yang membahas perbuatan baik dan perbuatan buruk manusia sejauh yang dapat dipahami oleh pikiran manusia. Istilah lain yang iden¬tik dengan etika, yaitu: • Susila (Sanskerta), lebih menunjukkan kepada dasar-dasar, prinsip, aturan hidup (sila) yang lebih baik (su). • Akhlak (Arab), berarti moral, dan etika berarti ilmu akhlak. Filsuf Aristoteles, dalam bukunya Etika Nikomacheia, menjelas¬kan tentang pembahasan Etika, sebagai berikut: • Terminius Techicus, Pengertian etika dalam hal ini adalah, etika dipelajari untuk ilmu pengetahuan yang mempelajari masalah perbuatan atau tindakan manusia. • Manner dan Custom, Membahas etika yang berkaitan dengan tata cara dan kebiasaan (adat) yang melekat dalam kodrat manusia (In herent in human nature) yang terikat dengan pengertian “baik dan buruk” suatu tingkah laku atau perbuatan manusia. Pengertian dan definisi Etika dari para filsuf atau ahli berbeda dalam pokok perhatiannya; antara lain:

Pendidikan Tidak Membuat Seseorang Menjadi Kaya

Pendidikan yang tinggi tidak membuat seseorang menjadi kaya, kerja keras dan usaha iya. Pendidikan hanya membuka perspektif baru yang lebih luas terhadap seseorang, memberi nya lensa baru, kacamata yang lebih beragam, berbeda dan lebih berwarna dalam memandang dan memaknai kehidupan. Kehidupan setelah menempuh pendidikan, adalah fase dimana seseorang sadar kalau dirinya tak disiapkan untuk menghasilkan uang, karna memang bukan itu tujuan dari sebuah pendidikan. Kita semua menyadari kalau pendidikan dinegeri ini mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi materi pembelajaran utamanya masih hanya berupa teori minim eksekusi atau praktek. Alhasil siswa yang dihasilkan hanya pintar bicara tapi minim aksi nyata. Konsep pemikiran buah dari pendidikan yang tinggi kalau hanya untuk mendapatkan materi sebanyak-banyaknya harus segera diubah, karna materi sebagai sebuah tujuan sangat kecil nilainya dan tidak bisa dibandingkan dengan ilmu pengetahuan yang didapat. Ilmu tidak bisa dibandi

HIDUP DIATAS STIGMA (puisi essay)

Tak pantaskah aku hidup selayaknya mereka? Tak bisakah aku bermain selayaknya anak biasa? Tak ada lagikah bagiku kesempatan untuk menuliskan cita-cita tanpa embel-embel pembangkangan dibelakangnya? Tak adakah harapan bagiku menjalani sisa hidup tanpa stigma atas dosa masa lalu ayah ibuku yang tak sepenuhnya mereka kerjakan? Inikah garis hidup yang engkau gariskan Tuhan, pada seorang gadis kecil tak tahu apa-apa dan tak tau arah mengadu kemana? PROLOG Gadis kecil itu tak tahu apa-apa Ditinggal ayah dan bundanya entah kemana Orang bilang diasingkan atau dilenyapkan Sungguh dua kata asing baginya dan semakin membingungkan saja Berjalan sendiri mengarungi hidup Tanpa punya tempat mengadu dan menyandarkan bahu kecil dan tubuh kurusnya Si gadis kecil dengan mimpi besar Seolah berjalan sendiri tanpa harapan Diana namanya. Ya, hanya diana saja Tanpa embel-embel nama belakang Apalagi bin dan binti yang menandakan kalau dia punya orang tua Setiap k