Skip to main content

Terror Malam Natal, Terror Bagi Umat Islam

OLEH: EZA AHIM IKI

Entah apa yang ada di benak masyarakat Indonesia, ketika Presidennya mendapat “informasi” bahwa di malam natal nanti akan muncul aksi terror. Dengan dalih meningkatkan kewaspadaan dan antisipasi, “informasi” ini dengan vulgarnya disebar ketengah masyarakat lewat sang juru bicara, Julian Aldrin Pasha.


"Tentu ini kan sesungguhnya presiden mendapat informasi. Dan beliau secara langsung dan tidak langsung sudah menginstruksikan kepada jajarannya, dalam hal ini Kepolisian yang paling terdepan sebagai poros garda pengamanan kita,"
-Statement diatas adalah kutipan perkataan Julian Aldrin Pasha dari okezone.com.


Kalau kita mau merenung lebih dalam, kiranya manfaat apa yang hendak diraih dari penyebaran “informasi” sensitif ini ketengah masyarakat luas?.

Jika kita telisik lebih dalam, sejak awal “informasi” yang didapat Presiden ini bukanlah konsumsi publik. Karena setiap “informasi” yang diangkat oleh media, entah itu juru bicara, koran,  radio, ataupun portal berita online harus taat dengan kaidah jurnalistik. Kita paham betul dalam kaidah jurnalistik ada 5w+1h (where, who, what, when, why, how). “Informasi” soal terror malam natal ini tentu tidak bisa dijabarkan lewat 5w+1h karena sifatnya yang masih prediksi, dan tentunya jika dilihat dari kacamata pencegahan tindakan criminal, “informasi” lengkap semacam mestinya sudah bisa menangkap pelaku, atau kebalikannya si pelaku sudah kabur duluan karena rencananya sudah jelas diketahui publik.

Kalau “informasi” ini sejatinya bukan untuk konsumsi publik tetapi tetap “dipaksa” untuk dipublikasikan, maka apa yang akan terjadi?.

Akal sehat kita tentu paham bahwa “informasi” yang tidak utuh, setengah-setengah, dan tidak jelas asal usulnya akan menimbulkan perselisihan, gesekan, dan yang paling minimal adalah kecemasan. Berapa banyak contoh kasus selebriti yang mesti capek-capek menggelar konferensi pers untuk meluruskan “informasi” yang tidak akurat mengenai diri mereka di ruang publik.

Seolah tidak belajar dari para seleb itu, sang juru bicara kepresidenan justru menganggap “informasi” yang disebar oleh sang Boss lewat dirinya adalah sebuah tindakan preventif.

"Ini justru ajakan beliau sebagai kepala negara untuk sama-sama meningkatkan kewaspadaan bersama. Dalam hal ini, menjadi hal yang perlu kita lakukan, di samping tugas yang diemban oleh pihak yang berwajib,"
-Statement Julian Aldrin Pasha membantah, bahwa “informasi” tersebut dapat menimbulkan keresahan, dikutip dari okezone.com

Logika kita tentu bisa menjawab dengan baik bahwa yang namanya “kewaspadaan” hanya dapat muncul ketika menghadapi sesuatu yang jelas. “Waspada demam berdarah”, “waspada HIV-AIDS”, “waspada banjir” dan lain lain adalah contoh jelas bahwa kewaspadaan itu lahir seiring dengan kejelasan.

Tapi kalau terror urusannya, kita akan dihadapkan dengan bayak pertanyaan, seperti; “motifnya apa?”, “modusnya apa?”, “siapa otaknya”, dan lain-lain. Kalau pertanyaan-pertanyaan mendasar seperti ini tidak bisa dijawab maka kewaspadaan macam apa yang mesti kita bangun?. Alih-alih memunculkan kewaspadaan bisa jadi yang muncul justru phobia.

Lucunya, setelah sukses disadap habis oleh Australia, Presiden kita ini masih saja percaya dengan laporan dan “informasi” dari intelejen dalam negeri yang sudah terbukti kalah mengcounter intelejen Australia. Dan dengan percaya dirinya, mempublikasi “informasi” intelejen itu.

Presiden juga seolah-olah tidak sadar dengan dinamika yang ada dalam negerinya sendiri. Bayangkan ketika stigma terroris yang dilekatkan begitu kuat kepada umat Islam lewat berbagai macam media, sang Presiden dengan “santai”nya melempar “informasi” yang tidak pantas dikonsumsi publik terkait akan munculnya aksi terror di malam natal. Bayangkan respon reaktif macam apa yang akan muncul baik dari umat Islam dan kaum kristiani sendiri sebagai kelompok yang merayakan natal.

Jika kita bicara soal persatuan dan kesatuan republik Indonesia, telah sangat nyata bahwa Presiden kita sendiri, entah sadar atau tidak, telah melakukan aksi yang berpotensi untuk memecah belah bangsa ini.

Perlu kita ingat, berapa banyak sudah korban yang hilang nyawa, rusak fisik dan nama baiknya, hancur usahanya, karena stigma terroris yang digaungkan BNPT dan Densus 88 yang belum selesai sampai sekarang. Dan semua korbanyya jelas dan nyata adalah kaum muslimin. Apakah Presiden kita ini ingin menambah panjang daftar korban salah tangkap?

Setelah “informasi” terror malam natal ini meluas, kita saksikan dengan nyata, lagi-lagi ada penggerebekan dan penangkapan umat Islam dibeberapa tempat. Siapa yang bisa menjamin jika salah satu dari kita selesai sholat subuh berjama’ah di Masjid bisa pulang dengan selamat tanpa lolos dari penangkapan?, sementara “operasi” Densus 88 terkenal dengan istilah “tangkap dulu, bersalah atau tidak urusan belakangan”.

Apa yang disampaikan oleh Presiden kita bahwa aka nada aksi terror malam natal sebaiknya kita pahami lewat kacamata baru, bahwa yang menjadi sasaran terror bukanlah kaum yang sedang merayakan malam natal itu sendiri, melainkan umat mayoritas negeri ini. Terror malam natal adalah terror untuk umat Islam

http://news.okezone.com/read/2013/12/15/337/912546/sby-akan-ada-aksi-teror-di-malam-natal

http://www.islampos.com/sby-akan-ada-aksi-teror-di-malam-natal-90299/

http://www.islampos.com/ciia-tak-mustahil-drama-malam-natal-disiapkan-untuk-sudutkan-islam-90310/


http://www.islampos.com/mmi-sebut-ada-teror-malam-natal-polisi-arogan-terhadap-umat-islam-90303/

Comments

Popular posts from this blog

pemahaman etika menurut Aristoteles dan Immanuel Kant

MENURUT ARISTOTELES Etika adalah Ilmu yang membahas perbuatan baik dan perbuatan buruk manusia sejauh yang dapat dipahami oleh pikiran manusia. Istilah lain yang iden¬tik dengan etika, yaitu: • Susila (Sanskerta), lebih menunjukkan kepada dasar-dasar, prinsip, aturan hidup (sila) yang lebih baik (su). • Akhlak (Arab), berarti moral, dan etika berarti ilmu akhlak. Filsuf Aristoteles, dalam bukunya Etika Nikomacheia, menjelas¬kan tentang pembahasan Etika, sebagai berikut: • Terminius Techicus, Pengertian etika dalam hal ini adalah, etika dipelajari untuk ilmu pengetahuan yang mempelajari masalah perbuatan atau tindakan manusia. • Manner dan Custom, Membahas etika yang berkaitan dengan tata cara dan kebiasaan (adat) yang melekat dalam kodrat manusia (In herent in human nature) yang terikat dengan pengertian “baik dan buruk” suatu tingkah laku atau perbuatan manusia. Pengertian dan definisi Etika dari para filsuf atau ahli berbeda dalam pokok perhatiannya; antara lain:

Pendidikan Tidak Membuat Seseorang Menjadi Kaya

Pendidikan yang tinggi tidak membuat seseorang menjadi kaya, kerja keras dan usaha iya. Pendidikan hanya membuka perspektif baru yang lebih luas terhadap seseorang, memberi nya lensa baru, kacamata yang lebih beragam, berbeda dan lebih berwarna dalam memandang dan memaknai kehidupan. Kehidupan setelah menempuh pendidikan, adalah fase dimana seseorang sadar kalau dirinya tak disiapkan untuk menghasilkan uang, karna memang bukan itu tujuan dari sebuah pendidikan. Kita semua menyadari kalau pendidikan dinegeri ini mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi materi pembelajaran utamanya masih hanya berupa teori minim eksekusi atau praktek. Alhasil siswa yang dihasilkan hanya pintar bicara tapi minim aksi nyata. Konsep pemikiran buah dari pendidikan yang tinggi kalau hanya untuk mendapatkan materi sebanyak-banyaknya harus segera diubah, karna materi sebagai sebuah tujuan sangat kecil nilainya dan tidak bisa dibandingkan dengan ilmu pengetahuan yang didapat. Ilmu tidak bisa dibandi

HIDUP DIATAS STIGMA (puisi essay)

Tak pantaskah aku hidup selayaknya mereka? Tak bisakah aku bermain selayaknya anak biasa? Tak ada lagikah bagiku kesempatan untuk menuliskan cita-cita tanpa embel-embel pembangkangan dibelakangnya? Tak adakah harapan bagiku menjalani sisa hidup tanpa stigma atas dosa masa lalu ayah ibuku yang tak sepenuhnya mereka kerjakan? Inikah garis hidup yang engkau gariskan Tuhan, pada seorang gadis kecil tak tahu apa-apa dan tak tau arah mengadu kemana? PROLOG Gadis kecil itu tak tahu apa-apa Ditinggal ayah dan bundanya entah kemana Orang bilang diasingkan atau dilenyapkan Sungguh dua kata asing baginya dan semakin membingungkan saja Berjalan sendiri mengarungi hidup Tanpa punya tempat mengadu dan menyandarkan bahu kecil dan tubuh kurusnya Si gadis kecil dengan mimpi besar Seolah berjalan sendiri tanpa harapan Diana namanya. Ya, hanya diana saja Tanpa embel-embel nama belakang Apalagi bin dan binti yang menandakan kalau dia punya orang tua Setiap k