Skip to main content

AGAIN EGYPT

MESIR BERGEJOLAK LAGI.

setelah beberapa tahun sebelumnya kejadian yang sama telah terjadi, dan di tahun ini juga tepat beberapa hari sebelum bulan Ramadhan tiba rakyat mesir kembali melakukan hal yang sama yaitu turun kejalan bersama-sama, ribuan jumlahnya, berdemonstrasi yang ujung-ujungnya bentrok juga dengan aparat kepolisian dan yang pasti akan berujung pada korban luka-luka bahkan kematian. tak lain mereka menyerukan tuntutan yang kurang lebih sama dengan apa yang telah mereka lakukan satu tahun lebih sebelumnya, yaitu menuntut presiden Mursi untuk mundur dari jabatannya. walau rakyat mesir terbagi menjadi dua kubu yaitu yang mendukung dan menentang kepemimpinan presiden Mursi, yang ironisnya  justru mereka angkat pada tahun 2011 yang lalu ketika menggulingkan presiden Mubarak. toh akhirnya presiden Mursi lengser juga setelah beberapa hari yang mencekam rakyat bentrok dengan aparat dan menyebabkan korban luka-luka dan kematian yang tidak sedikit, dan ditambah pula dengan ikut campurnya militer dalam "mengkudeta" Mursi dari tampuk jabatannya yang baru seumur jagung itu.
banyak spekulasi muncul kemudian terkait kejadian yang sangat meyedot perhatian dunia ini, yaitu diantaranya:
        keterlibatan Amerika didalam aksi protes untuk menggulingkan presiden Mursi
        keinginan rakyat mesir untuk menjadi negara yang kebarat-baratan di duga kuat terpengaruh oleh kejadian di Turki beberapa waktu sebelumnya, yang sudah semakin terjangkit virus sekuler yang  telah meyebar di hampir seluruh dunia dengan incaran empuk nya yaitu negara-negara berkembang dan mayoritas islam.
        hilangnya rasa kepercayaan rakyat mesir pada partai yang berkuasa saat itu yaitu ikhwanul muslimin,.
pertama. keterlibatan amerika dapat dilihat dengan seruan Obama beberapa hari sebelum Mursi lengser di dunia internasional agar pemerintah mesir mau bernegosiasi dengan pengunjuk rasa ketika itu. ini mengindikasi bahwasannya Amerika menaruh perhatian serius pada chaos yang terjadi di negeri piramida ini. belumlagi setelah itu beredar isu bahwasannya amerika akan mengirimkan senjata F-16 ke mesir yang entah bertujuan apa.
kedua. sebenarnya ini menjadi persoalan serius di banyak negara muslim di dunia, dimana paham-paham sekularisme, liberalisme, hedonisme dan banyak isme-isme lainnya yang notanene merupakan produk barat (amerika-eropa) menyerang masuk ke negara mereka membuai rakyat tentang apa yang disebut dengan equality (persamaan), demokrasi (kebebasan), dan modernisasi. mereka menginginkan negara nya tidak lagi menjadi negara yang menganut sistem yang menurut mereka lama dan telah usang, yaitu aturan menurut ajaran agama yang mayoritas dan tertua dinegara itu yaitu islam. mereka ingin seperti negara-negara lain yang "tampak" berkembang sarana-prasarananya seperti teknologi-komunikasi, infrastruktur, dan tentunya life style (gaya hidup).
ketiga. ini menjadi persoalan yang abu-abu sebenarnya, karna selain menjadi dua kubu yang sama-sama kuat dan keras mendukung dan menentang kekuasaan ikhwanul muslimin di negeri piramida. tak ada yang tahu pasti apa dan mengapa perpecahan itu terjadi walau banyak spekulasi yang muncul terkait ketidak kepercayaan itu. yang tahu rakyat mesir itu sendirinya dan tuhan tentunya.

dari kejadian diatas yang merupakan terusan dari kejadian-kajadian serupa yang telah terjadi di negara lain sebelumnya, kembali kita dihadapkan pada situasi dunia yang penuh dengan intrik konspirasi dan politik tingkat tinggi, yang tidak bisa dihadapkan dengan "saya turut prihatin" saja. penulis rasa perlu diadakan pencerahan bagi rakyat indonesia tentang situasi yang bergejolak di negara-negara saudara kita itu. 

Comments

Popular posts from this blog

pemahaman etika menurut Aristoteles dan Immanuel Kant

MENURUT ARISTOTELES Etika adalah Ilmu yang membahas perbuatan baik dan perbuatan buruk manusia sejauh yang dapat dipahami oleh pikiran manusia. Istilah lain yang iden¬tik dengan etika, yaitu: • Susila (Sanskerta), lebih menunjukkan kepada dasar-dasar, prinsip, aturan hidup (sila) yang lebih baik (su). • Akhlak (Arab), berarti moral, dan etika berarti ilmu akhlak. Filsuf Aristoteles, dalam bukunya Etika Nikomacheia, menjelas¬kan tentang pembahasan Etika, sebagai berikut: • Terminius Techicus, Pengertian etika dalam hal ini adalah, etika dipelajari untuk ilmu pengetahuan yang mempelajari masalah perbuatan atau tindakan manusia. • Manner dan Custom, Membahas etika yang berkaitan dengan tata cara dan kebiasaan (adat) yang melekat dalam kodrat manusia (In herent in human nature) yang terikat dengan pengertian “baik dan buruk” suatu tingkah laku atau perbuatan manusia. Pengertian dan definisi Etika dari para filsuf atau ahli berbeda dalam pokok perhatiannya; antara lain:

Pendidikan Tidak Membuat Seseorang Menjadi Kaya

Pendidikan yang tinggi tidak membuat seseorang menjadi kaya, kerja keras dan usaha iya. Pendidikan hanya membuka perspektif baru yang lebih luas terhadap seseorang, memberi nya lensa baru, kacamata yang lebih beragam, berbeda dan lebih berwarna dalam memandang dan memaknai kehidupan. Kehidupan setelah menempuh pendidikan, adalah fase dimana seseorang sadar kalau dirinya tak disiapkan untuk menghasilkan uang, karna memang bukan itu tujuan dari sebuah pendidikan. Kita semua menyadari kalau pendidikan dinegeri ini mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi materi pembelajaran utamanya masih hanya berupa teori minim eksekusi atau praktek. Alhasil siswa yang dihasilkan hanya pintar bicara tapi minim aksi nyata. Konsep pemikiran buah dari pendidikan yang tinggi kalau hanya untuk mendapatkan materi sebanyak-banyaknya harus segera diubah, karna materi sebagai sebuah tujuan sangat kecil nilainya dan tidak bisa dibandingkan dengan ilmu pengetahuan yang didapat. Ilmu tidak bisa dibandi

HIDUP DIATAS STIGMA (puisi essay)

Tak pantaskah aku hidup selayaknya mereka? Tak bisakah aku bermain selayaknya anak biasa? Tak ada lagikah bagiku kesempatan untuk menuliskan cita-cita tanpa embel-embel pembangkangan dibelakangnya? Tak adakah harapan bagiku menjalani sisa hidup tanpa stigma atas dosa masa lalu ayah ibuku yang tak sepenuhnya mereka kerjakan? Inikah garis hidup yang engkau gariskan Tuhan, pada seorang gadis kecil tak tahu apa-apa dan tak tau arah mengadu kemana? PROLOG Gadis kecil itu tak tahu apa-apa Ditinggal ayah dan bundanya entah kemana Orang bilang diasingkan atau dilenyapkan Sungguh dua kata asing baginya dan semakin membingungkan saja Berjalan sendiri mengarungi hidup Tanpa punya tempat mengadu dan menyandarkan bahu kecil dan tubuh kurusnya Si gadis kecil dengan mimpi besar Seolah berjalan sendiri tanpa harapan Diana namanya. Ya, hanya diana saja Tanpa embel-embel nama belakang Apalagi bin dan binti yang menandakan kalau dia punya orang tua Setiap k