Skip to main content

Anonymous : Vfor Vendetta & All the President Men

Guy Fawkes
Guy Fawkes merupakan karakter yang facenya dijadikan topeng identik kelompok hacker cyber cream terbesar di dunia ‘’Anonymous’’. Guy Fawkes adalah pelaku peledakan bom di Gedung Parlemen Inggris. Dia bersama anggotanya melakukan aksi tersebut karena ingin membunuh Raja James 1. Namun aksi Guy Fawkes dan teman-temannya berhasil di gagalkan oleh pihak keamanan kerajaan. Peristiwa pengeboman sekaligus penangkapan Guy Fawkes dan anggotanya terjadi pada 5 November 1605. Namun anehnya, penangkapan hanya di tunjukan pada Guy Fawkes, 30 anggoatanya berhasil meloloskn diri, saya belum bisa memastikan kenapa hanya Guy Fawkes yang tertangkap. Peristiwa pengeboman besar itu di kenal dengan sebutan ‘’Peristiwa Bubuk Mesiu’’ atau ‘’ Gun Powder Plot’’. Untuk mengenang peristiwa tersebut masyarakat inggris menggelar perayaan kembang apa setiap tanggal 5 November.


Anonymous
Bagi sobat yang sering berkutat di dunia maya, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah ‘’Anonymous’’. Di Indonesia sendiri istilah Anonymous mulai tenar pada tahun 2010, dimana pada saat itu Sekelompok hactvis yang mengaku dirinya Anonymous berhasil melakukan penyerangan terhadap Playstation Network, belum jelas aksi apa yang dilakukannya. Banyak orang yang menyebutkan bahwa Anonymous adalah Hacktvis yang beranggotakan Hacker-hacker dan Craker-craker yang sangat ahli dalam urusan Hack.

Anggapan itu ternyata salah besar Kenapa ??? banyak sumber dari Google, ternyata Anonymous hanyalah sekumpulan orang yang suka nimbrung di 4CHAN. 4CHAN adalah salah satu situs tempat forum diskusi, tanya jawab.

4CHAN itu para anggota tidak harus mendaftarkan diri untuk menulis atau mengomentari suatu Post, jadi di bebaskan kepada setiap orang tanpa terkecuali untuk saling berbgai di 4CHAN. Para anggota yang tidak mendaftar tersebut teridentitas sebagai ‘’Anonymous’’ atau kalo di terjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti Tanpa Nama atau Tanpa Identitas.
4Chan sendiri terdapat beberapa forum & salah satu forum yang paling banyak peminatnya adalah forum ‘’RANDOM’’. Forum Random memungkinkan para anggotanya untuk menulis artikel sebebas mungkin,masalah Politik, Hukum, Sosial, Pemerintahan, Program.

Akibat dari kebebasan yang tak terbatas, maka 4Chan juga dijadikan forum untuk membahas tentang Batasan-batasan yang dilakukan pemerintah terhadap Teknologi dan Internet, mereka membahas tentang gerakan perlawanan terhadap kebijakan yang membatasi Dunia Maya. Para Anonymous berpendirian bahwa ‘’Tidak ada batasan dalam berinternet, dan Internet merupakan suatu yang Harus bebas !!’’.

Nah dari situlah para Anonymous mulai menyerang situs-situs yang di anggap terlalu Mengekang dan melawan keinginan mereka. Anonymous tidak asal hack, mereka memikirkan dan membahas secara matang-matang target yang akan dijadikan sasaran Hack. Memang tak dapat di pungkiri bahwa dari banyak Anggota Anonymous ada sebagian yang Jago soal Hack dan Crak. Nah sekarang sobat sudah tau kan siapa Anonymous. Anonymous tidak jauh beda dengan Kaskuser untuk di Indonesia. Sekarang kita akan membahas tentang kaitan Topeng Guy Fawkes dengan Anonymouse.

VFor Vendetta
VFor Vendetta sebenarnya tidak ada sama sekali Hubungan antara Guy Fawkes dengan Anonymous. Guy Fawkes bukan anggota dari Anonymous, banyak sumber mengatakan bahwa, alasan yang paling mendukung mengapa Anonymous menggunakan topeng Guy Fawkes adalah, Terinspirasi dari film yang berjudul ‘’V for Vendetta’’. Film ‘’V for Vendetta’’ menceritakan tentang seorang yang yang melakukan perlawanan terhadap pemerintah Inggirs yang telah membuat masyarakat tidak berdaya. Dalam film ini, tokoh V mengenakan Topeng yang di ambil dari facenya Guy Fawkes, mungkin karena Guy Fawkes yang juga merupakan tokoh yang melakukan perlawanan terhadap pemerintah inggirs, sehingga tokoh V disamakan dengan Guy Fawkes. 

Karena Missi dan tujuan Tokoh V dan Guy Fawkes yang sama dengan tujuan Anonymous, yaitu sama-sama menentang sistem pemerintahan yang mengekang kebebasan, maka Anonymous menggunakan Topeng Guy Fawkes sebagai ciri khas mereka. Itulah alasan mengapa Anonymous memakai topeng Guy Fawkes.

All the President Men
dalam film yang rilis di tahun 1976 ini, bagi yang menyaksikan dengan seksama, disitu terdapat salah satu adegan yang menurut saya satu dari sekian banyak scene yang penting dan menjadi inti atau benang merah dari terurai nya kasus yang sedang diusut Bob Woodward dan Carl Bernstein. ya kasus maha besar yang sampai menggulingkan presiden Amerika saat itu Richard Nixon, dan lebih kita kenal sebagai kasus Watergate. di film itu digambarkan bagaimana usaha dua orang jurnalis Washington Post membongkar skandal besar yang melibatkan orang-orang besar di lingkungan pemerintahan. saya tidak akan banyak mengenai alur cerita dalam film ini, akan tetapi lebih kepada fenomena munculnya seorang "anonymous" yang diduga sebagai awal dari lahirnya sebutan "anonymous" bagi narasumber yang tidak mau diketahi identitasnya. karna ini bagian dari dunia jurnalistik yang dalam kode etik salah satunya wajib melindungi identitas dan latar belakang narasumber demi kepentingan keamanan dan objektifitas berita. orang jurnalistik wajib tahu ini ya,... 

Comments

Popular posts from this blog

pemahaman etika menurut Aristoteles dan Immanuel Kant

MENURUT ARISTOTELES Etika adalah Ilmu yang membahas perbuatan baik dan perbuatan buruk manusia sejauh yang dapat dipahami oleh pikiran manusia. Istilah lain yang iden¬tik dengan etika, yaitu: • Susila (Sanskerta), lebih menunjukkan kepada dasar-dasar, prinsip, aturan hidup (sila) yang lebih baik (su). • Akhlak (Arab), berarti moral, dan etika berarti ilmu akhlak. Filsuf Aristoteles, dalam bukunya Etika Nikomacheia, menjelas¬kan tentang pembahasan Etika, sebagai berikut: • Terminius Techicus, Pengertian etika dalam hal ini adalah, etika dipelajari untuk ilmu pengetahuan yang mempelajari masalah perbuatan atau tindakan manusia. • Manner dan Custom, Membahas etika yang berkaitan dengan tata cara dan kebiasaan (adat) yang melekat dalam kodrat manusia (In herent in human nature) yang terikat dengan pengertian “baik dan buruk” suatu tingkah laku atau perbuatan manusia. Pengertian dan definisi Etika dari para filsuf atau ahli berbeda dalam pokok perhatiannya; antara lain:

Pendidikan Tidak Membuat Seseorang Menjadi Kaya

Pendidikan yang tinggi tidak membuat seseorang menjadi kaya, kerja keras dan usaha iya. Pendidikan hanya membuka perspektif baru yang lebih luas terhadap seseorang, memberi nya lensa baru, kacamata yang lebih beragam, berbeda dan lebih berwarna dalam memandang dan memaknai kehidupan. Kehidupan setelah menempuh pendidikan, adalah fase dimana seseorang sadar kalau dirinya tak disiapkan untuk menghasilkan uang, karna memang bukan itu tujuan dari sebuah pendidikan. Kita semua menyadari kalau pendidikan dinegeri ini mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi materi pembelajaran utamanya masih hanya berupa teori minim eksekusi atau praktek. Alhasil siswa yang dihasilkan hanya pintar bicara tapi minim aksi nyata. Konsep pemikiran buah dari pendidikan yang tinggi kalau hanya untuk mendapatkan materi sebanyak-banyaknya harus segera diubah, karna materi sebagai sebuah tujuan sangat kecil nilainya dan tidak bisa dibandingkan dengan ilmu pengetahuan yang didapat. Ilmu tidak bisa dibandi

HIDUP DIATAS STIGMA (puisi essay)

Tak pantaskah aku hidup selayaknya mereka? Tak bisakah aku bermain selayaknya anak biasa? Tak ada lagikah bagiku kesempatan untuk menuliskan cita-cita tanpa embel-embel pembangkangan dibelakangnya? Tak adakah harapan bagiku menjalani sisa hidup tanpa stigma atas dosa masa lalu ayah ibuku yang tak sepenuhnya mereka kerjakan? Inikah garis hidup yang engkau gariskan Tuhan, pada seorang gadis kecil tak tahu apa-apa dan tak tau arah mengadu kemana? PROLOG Gadis kecil itu tak tahu apa-apa Ditinggal ayah dan bundanya entah kemana Orang bilang diasingkan atau dilenyapkan Sungguh dua kata asing baginya dan semakin membingungkan saja Berjalan sendiri mengarungi hidup Tanpa punya tempat mengadu dan menyandarkan bahu kecil dan tubuh kurusnya Si gadis kecil dengan mimpi besar Seolah berjalan sendiri tanpa harapan Diana namanya. Ya, hanya diana saja Tanpa embel-embel nama belakang Apalagi bin dan binti yang menandakan kalau dia punya orang tua Setiap k