Skip to main content

BISNIS SECARA ONLINE, WHY NOT?!
Perkembangan teknologi komunikasi tak pelak membuat banyak perubahan dalam berbagai sendi kehidupan sehari-hari kita, tidak hanya dalam bidang komunikasi yang semakin mudah untuk diakses, dalam banyak hal juga terjadi perubahan yang signifikan dan tak pelak fenomena ini menuntut kita sebagai makhluk yang dianugerahi kemampuan untuk mampu beradaptasi dengan lingkungannya bisa menerima dan menggunakannya sebaik mungkin untuk kepentingan kehidupan bersama. Diantaranya adalah maraknya bisnis secara online di masyarakat kita sekarang. Virtual Communities atau yang sering disebut dengan komunitas dunia maya tak perlu bersusah payah untuk keluar rumah pergi ke toko atau pasar demi memenuhi hasrat belanja nya, dan membeli kebutuhan lainnya, jadi tinggal membuka internet dan pergi ke situs belanja online yang dikehendaki dan mulai melihat dan memilih. karna kini internet menyediakan ruang bagi siapapun untuk bisa “berdagang” menjajakan barang dagangannya secara online dengan meng-upload nya di website yang telah dibuat sebelumnya.
Proses semacam ini pun selain murah meriah juga mudah diakses siapa saja yang ingin melihat barang apa saja yang dijual di situs jual beli online terkemuka. Dan hingga kini yang paling sering kita jumpai diantaranya adalah produk dalam begeri sendiri Tokobagus.com, Berniaga.com, Kaskus, Indonetwork, Bhinneka.com, dan Bekas.com sedangkan yang luar negeri seperti Amazon dan eBay. Tapi untuk saat ini saya akan fokus pada pembahasan situs jual beli online dalam negeri saja dahulu.    
Sebagai akademisi yang mempunyai kemampuan untuk mengkaji dan menganalisis fenomena-fenomena apa saja yang terjadi di masyarakat kini khususnya yang berhubungan seputar ilmu komunikasi, maka fenomena jual beli online ini haruslah kita cermati bersama disamping memang sebagai kemajuan kita dalam menyelaraskan diri dengan perkembangan jaman, tapi juga kita jangan sampai terlena dengan segala kemudahan dan ke-instanan yang disajikan media dalam hal ini internet khususnya. Karna telah bersama kita sadari internet dalam perkembanangannya tak hanya berdampak positif tapi juga membawa dampak negatif apabila tidak digunakan secara arif.


Diantara yang perlu diantisipasi adalah, tumbuhnya budaya konsumerisme dan hedonisme di kalangan masyarakat kita karna mereka semakin mudah untuk menyalurkan hasrat belanjanya. Ini tentu saja tidak baik bagi perkembangan anak apalagi remaja yang sedang tumbuh apabila dia dibiasakan untuk dengan mudah membelanjakan uangnya maka akan terjadi pemborosan yang akan meyebabkan anak-anak kita menjadi korban dari tawaran menggiurkan bisnis online dan iklan. Maka dari itu lewat essay sederhana ini saya mencoba untuk memaparkan beberapa data dan fakta seputar dunia bisnis secara online, dan dampak positif-negatif nya dalam kehidupan bermasyarakat kita. Semoga apa yang saya tulis ini dampak bermanfaat dan mampu menjadi bahan rujukan bagi semua, amin.....


PENDAHULUAN
Dampak Positif-Negatif Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Dampak positif dari segi komunikasi
Dampak positif perkembangan teknologi sangatlah banyak dalam segi komunikasi kita banyak terbantu dengan semua itu misalnya handphone , handphone dapat mempermudah kita dalam bekomunikasi dengan orang lain secara berpindah pindah atau mobile walaupun orang yang kita ajak berbicara dilokasi yang jauh dengan kita, tidak hanya itu kelebihan yang lain kita dapat lebih cepat mendapat informasi dan berita dari segala belahan bumi melalui jaringan internetnya dan melalui situs seperti google,twitter dan lain – lain, tidak hanya itu pengguna handphone mempermudah kita melakukan transaksi banking karena beberapa bank menyediakan fasilitas internet banking.
Dampak negatif dari segi komunikasi
Dari dampak positif tentu juga menimbulkan dampak negatif pula yaitu dalam internet banyak situs yang menyediakan akses pornografi, game online dan banyak orang yang menyalahgunakan untuk meraup keuntungan pribadi sebagai contoh banyaknya hacker yang membobol asset asset milik orang lain, selain itu banyak anak dibawah umur kecanduan yang namanya game online dan itu akan menggangu proses belajar mereka di sekolahan. Selain itu pula banyak kasus – kasus kriminalitas seperti penipuan lewat online shop atau jual beli secara online.
Dampak positif dari segi sosial
Dampak sosial banyak dipengaruhi dengan adanya kemajuan teknologi karena penggunaan internet sudah meluas ke berbagai tingkat lapisan masyarakat tentu kegiatan yang bersifat sosial semakin banyak, seperti situs untuk penggalangan dana yang diberikan kepada anak – anak yatim, panti sosial, dan korban bencana alam misalnya.
Dampak negatif dari segi sosial
Dalam hal ini sekarang marak situs – situs di internet yang membahas tentang aliran – aliran sesat, membahas hal – hal yang berbau SARA, dan hal itu sebenarnya tidak diperbolehkan karena dapat menimbulkan permusuhan, sampai konflik antara kelompok golongan yang satu dengan yang lain.
Dampak positif dari segi budaya
Karena Indonesia berdiri dari macam – macam budaya bangsa dan itu menjadi keuntungan untuk kita sebagai lahan pariwisata dan dapat menambah pendapatan masyarakat, dengan adanya internet kita dapat mempromosikan pariwisata kita yang berkaitan dengan keanekaragaman budaya, dengan membuka situs atau web yang dapat dipublikasikan ke semua orang di semua Negara.
Dampak negatif dari segi budaya
Karena seiring banyaknya orang yang berpindah tempat karena informasi di internet, misalnya, beberapa orang tertarik dengan suatu tempat tertentu dan menetap di tempat itu, dan akan menimbulkan proses akulturasi budaya dan akan menyebabkan budaya asli di daerah itu lama kelamaan akan tergerus dan hilang.
Dampak positif dari segi ekonomi industri
Dari kegiatan industri, pengusaha dapat mudah memperoleh informasi tentang penjual barang – barang baku industri yang ada di beberapa tempat terdekat dan itu juga akan mengurangi biaya/cost produksi.
Dampak negatif segi ekonomi industri
Di lihat dari sisi tenaga kerja pasti akan ada pengurangan tenaga kerja karena banyak tenaga kerja yang sudah tidak dibutuhkan, atau dengan kata lain untuk keefisienan proses produksi tersebut , sehingga akan banyak terjadi PHK dan banyak terjadi pengangguran.
Selain itu dapat menimbulkan suatu sifat konsumtif karena banyaknya iklan yang beredar di dunia maya dan itu menyebakan kemerosotan moral bagi bangsa kita, terutama kaum generasi muda kita yang sangat konsumtif dan mereka menganggap bahwa membeli produk barang dari luar negeri itu adalah suatu gengsi buat mereka dan dianggap sebagai barang mewah.
Dapat disimpulkan bahwa penggunaan internet itu dapat berdampak positif maupun negative tergantung kita menyikapinya dan menggunakanya akan tetapi kita sebagai orang pintar tentu kita sebaiknya memilah milah dulu, apakah apabila kita menggunakan internet banyak keuntungan yang kita peroleh dan itu tidak melanggar hukum atau norma dalam masyarakat boleh kita menggunakanya, tetapi apabila banyak keburukannya sebaiknya kita tinggalkan.
FENOMENA BISNIS ONLINE DI INDONESIA
Perkembangan penggunaan internet di Indonesia menjadi tantangan bagi pemasar untuk memanfaatkan internet sebagai sarana dalam implementasi strategi pemasaran. Survei Nielsen (2011) menunjukkan bahwa dalam lima tahun terakhir, secara umum konsumsi Internet di Indonesia meningkat dari 8% menjadi 21% dengan frekuensi penggunaan yang mengalami peningkatan pula. Pengguna internet yang menggunakan internet setiap hari meningkat paling signifikan, yaitu dari hanya 3% menjadi 25%. Hasil survei tersebut juga menunjukkan bahwa 80% di antara pengguna internet tersebut memprediksi akan membeli sesuatu secara online dalam 6 bulan mendatang. Hasil survei tersebut menunjukkan bahwa dewasa ini penggunaan internet untuk melakukan transaksi online banyak dipraktikkan oleh perusahaan.
Nielsen (2011) menyebutkan bahwa meningkatnya jumlah pengguna internet yang berbelanja online tersebut disebabkan oleh kenyataan bahwa konsumen semakin memiliki pengetahuan, lebih banyak akses untuk mendapatkan informasi dan menginginkan penawaran yang sesuai dengan kebutuhan. Dari sisi nilai, konsumen bersedia membayar lebih untuk bahan berkualitas tinggi. Konsumen juga semakin menuntut kualitas seiring dengan meningkatnya daya beli dan kesibukan masyarakat. Selain itu, pada Nielsen Newsletter edisi Juli 2010 (dalam “Belanja Lebih Praktis di Internet”, Chip.co.id., 30 Desember 2010), survei juga menyebutkan bahwa penyebab meningkatnya tren konsumen untuk berbelanja online adalah kenyamanan dan kepraktisan.
Tren tersebut disambut oleh pemasar dengan menerapkan strategi pemasaran secara online terutama dalam hal promosi dalam rangka mengomunikasikan produk/layanan, harga, dan lokasi di mana pembeli bisa mendapatkan produk/layanan yang ditawarkan. Strategi pemasaran yang memadukan marketing mix tersebut banyak ditampilkan oleh perusahaan melalui internet. Selain melakukan promosi, perusahaan juga melakukan aktivitas penjualan secara online. Hal ini terlihat dari banyaknya toko online (online shop) yang menawarkan beragam produk melalui website, blog, maupun jejaring sosial.
Online shop merupakan sebuah toko yang menjual berbagai macam produk melalui internet dengan menggunakan sebuah website. Website tersebut merupakan website interaktif yang dapat menangani permintaan informasi dari seorang konsumen akan sebuah produk sekaligus menangani pesanan (Salim, 2009, p.14; Salim, 2010, p.22). Untuk urusan mencari uang atau berbelanja, online shop menawarkan beberapa keuntungan yang lebih menarik dibanding cara berdagang konvensional. Dengan modal relatif lebih sedikit, seseorang dapat menawarkan produk sampai ke pembeli yang berada di belahan dunia lain, karena online shop tidak membutuhkan tempat secara fisik dan tidak membutuhkan banyak karyawan. Sedangkan untuk pebisnis yang telah jalan, fitur online shop membuat market yang ada lebih berkembang. Namun demikian, penjualan melalui online shop juga memiliki kelemahan, karena pembeli tidak berinteraksi secara fisik dengan penjual dan biaya yang dibebankan kepada konsumen lebih tinggi, karena selain harga produk, pembeli juga dibebani biaya pengiriman. Oleh karena itu, konsumen biasanya mengakses beberapa online shop dalam waktu bersamaan untuk membandingkan harga produk yang sama antara online shop yang satu dengan online shop yang lain (Wicaksono, 2010, p.93). 
Nielsen Newsletter edisi Juli 2010 (dalam “Belanja Lebih Praktis di Internet”, Chip.co.id., 30 Desember 2010) menyebutkan bahwa di Asia Pasifik, produk yang paling banyak dibeli secara online adalah buku, yakni sebesar 52%; diikuti oleh produk pakaian, aksesoris, dan sepatu sebanyak 44%; tiket pesawat terbang sebesar 35%; serta perlengkapan elektronik sebesar 32%. Bagi konsumen di Indonesia, produk dan layanan yang paling banyak dibeli melalui website adalah perangkat komputer (27%) dan software (16%). Para pembeli, pria utamanya lebih suka berbelanja buku (34%), perangkat komputer (33%), serta perangkat elektronik (32%). Sementara, wanita lebih suka membeli pakaian, aksesoris, sepatu, dan buku (43%) serta membeli tiket pesawat (37%) dari Internet.

 Prospek Bisnis Online di Indonesia
Seiring Dengan Kemajuan IT di Indonesia Perkembangan Dan Kebutuhan Website Meningkat tajam. Dari tahun ke tahun banyak sekali Instansi, Perusahaan, Pemerintahan, Hotel maupun Usaha Personal yang mulai melirik promosi lewat internet. Tak heran hal itu terjadi karena website merupakan salah satu Kekuatan Brand Bagi dunia usaha. Website Dapat Meningkatkan Nilai Penjualan dan Promosi tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Jika dilihat dari tren perkembangan dunia usaha online di Indonesia juga mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, tren Online Marketing mengalami tren naik sangat tajam di Indonesia. Dari sekitar 1 Juta Blogger di tahun 2004 menjadi sekitar 50 juta Blogger di tahun 2010 (Sumber : www.alexa.com) dan akan terus naik di tahun tahun selanjutanya karena semakin mudahnya akses internet di Indonesia.
Internet marketing sebenarnya sudah populer di berbagai negara maju sejak tahun 1999, dimulai dengan lahirnya mesin pencari dan email web based www.yahoo.com kemudian disusul oleh kelahiran mesin pencari lain yang sekarang sangat familiar yaitu www.google.com sekitar tahun 1998-1999 yang didirikan oleh dua anak muda Lawrence dan Sergrey Brin. Pendiri Google dalam waktu singkat berhasil masuk dalam 30 besar orang terkaya di dunia. Kemudian di tahun tahun selanjutnya berdiri juga website berbasis social bookmarking anatara lain : www.friendster.com yang didirikan oleh Jonathan abram, www.facebook.com Oleh Mark Zukenberg.
Internet pada masa sekarang ini sudah merupakan kebutuhan pokok, kita dapat memperoleh berbagai macam informasi, berbelanja online, online banking, online marketing, online affiliate, sosialisasi online, kuliah online, online advertising dll. Sebagai contoh situs online banking yang sedang naik daun adalah www.paypal.com sedang situs online shopping dan online marketplaces adalah www.ebay.com dan www.amazon.com yang menjual barang dari mulai barang pecah belah sampai mobil mewah. Tentu saja kemajuan yang begitu pesat yang semakin mewujudkan dunia tanpa batas ini sudah tercium oleh masyarakat Indonesia, banyak perusahaan berskala besar, menengah dan kecil yang ikut membangun kekuatan brand di dunia online. Promosi produk secara online memang menjadi pilihan tepat saat ini disamping biaya yang relatif murah juga karena pentingnya sosilaisasi produk untuk skala global.


Bisa dikatakan dalam dekade terakhir perkembangan bisnis online di Indonesia sangat pesat, perkembangannya meliputi berbagai macam bidang usaha, tidak hanya yang disebutkan diatas tetapi juga bidang usaha lainnya. Di Indonesia sendiri banyak sekali situs yang sudah mulai go Internasional dan mempunyai jutaan member dan ribuan visitor setiap harinya. berbagai situs tersebut ada yang murni Online business ada yang semi online atau bisnis offline hanya saja menggunakan pemasaran online. Dengan kata lain Bisnis online di Indonesia sudah dikenal dan diperhitungkan di dunia Internasional. selain itu juga jumlah pemakai internet Indonesia yang besar menjadikan Indonesia Sebagai Pasar yang potensial untuk Bisnis online dari berbagai negara di seluruh dunia. bukti dominasi Indonesia juga ditunjukkan dengan banyaknya pengguna Indonesia dalam berbagai situs jejaring sosial seperti www.facebook.com , www.friensdster.com dan www.twitter.com. Hal inilah yang menjadikan nilai tambah Negara Indonesia dipandang dari segi Bisnis Online terutama perkembangan pesat yang terjadi 10 tahun terakhir 2000 s/d 2010.
Di Indonesia sendiri mulai dari tahun 2010 ini telah di launching situs komunitas bisnis online yang bagus yang beralamat di www.frigz.com . walaupun komunitas ini terbilang masih baru tetapi saya melihat keseriusan pengelola frigz untuk memajukan bisnis online di Indonesia dengan cara menjadi wadah bagi para Online Marketer atau para pebisnis Online. Frigz sebagai Komunitas Bisnis Indonesia Online diharapkan akan menjadi Komunitas bisnis online terbesar di Indonesia yang akan mewadahi komunitas bisnis online yang selama ini belum terwadahi. semoga juga Frigz dapat mewujudkan mottonya menjadi Komunitas Bisnis Indonesia Online.

BISNIS ONLINE INDONESIA DI TAHUN 2013, 2014, 2015
Data dan Fakta
Data Pertama:
Survei yang diselenggarakan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) bulan April-Juli lalu menunjukkan pertumbuhan jumah pengguna internet di Indonesia dari 55 juta orang pada 2011 menjadi 63 juta pada 2012. APJII juga memproyeksikan bahwa angka tersebut akan tumbuh sekitar 30 persen menjadi 82 juta pengguna pada tahun 2013, 107 juta pengguna internet pada 2014 dan 139 juta pada 2015.
Data Kedua:
Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) mencatat pertumbuhan pesat penggunaan domain .id (dot id) sepanjang 2012. Hingga 19 Desember 2012, ada 103.882 domain .id yang terdaftar. Jumlah ini melonjak 62,5% dibandingkan tahun 2011 yang hanya 63.930 domain. Domain .id sendiri merupakan domain kode negara (country code top level domain/CCTLD) untuk Indonesia.
Data Ketiga:
"Apalagi dengan adanya Peraturan Pemerintah Nomer 82 tahun 2012 yang menyatakan bahwa setiap penyelenggara layanan publik dan transaksi elektronik termasuk perusahaan asing wajib membangun pusat data atau server di Indonesia," ujar Sammy seusai acara APJII Internet Outlook 2012 di Jakarta, Rabu (12/12/2012).
Data Keempat:
Perusahaan penyedia data center Equinix asal Amerika Serikat telah mengekspansi bisnisnya di Indonesia dengan menghadirkan data center kelas Tier 4. Kehadiran Equinix ini diprediksi dapat merayu perusahaan internet besar macam Google, Facebook, Research In Motion, dan sebagainya, untuk menaruh servernya di Indonesia.



Data Kelima:
Para produsen barang dan jasa yang berkaitan dengan internet terus berinovasi dan membanjiri pasar dengan produk – produk dan jasa yang makin mempermudah pengguna internet untuk bertransaksi secara online hal ini tentu saja akan berefek positif dan sejalan dengan pertumbuhan bisnis online di indonesia.
Sebagai contoh lihat saja beberapa inovasi terbaru yang akan muncul di tahun 2013 berikut :
Menurut Macotakara, iPad 5 akan diperkenalkan tiga bulan dari sekarang, yaitu pada bulan Maret 2013. Selain itu, iPad 5 dikabarkan akan hadir dengan tubuh yang lebih ramping dan bobot yang lebih ringan.
"Tujuan kami adalah mengalihkan 90 persen pengguna yang sebenarnya tak membutuhkan seluruh fitur tingkat lanjut dari Office," ujar kepala unit Enterprise Google Amit Singh seperti dikutip dariAllThingsD.
Prediksi
Apa yang bisa kita simpulkan dari kelima data diatas adalah semua orangsepakat jika dunia internet dan bisnis internet di Indonesia akan terus tumbuh dan berkembang. Bagi mereka yang sudah menginvestasikan dan menanam banyak hal kebaikan di Internet maka bersiaplah untuk meraih panen dan laba yang melimpah, dan bagi mereka yang baru mau mulai bisnis internet jangan putus asa karena pasar masih terbuka lebar, akan ada ratusan juta orang baru yang akan mulai mencicipi internet dan itulah market anda.
  


KESIMPULAN
Semua perkembangan yang terjadi di dunia ini apapun bentuknya itu, haruslah disikapi secara arif dan bijaksana oleh kita sebagai manusia yang berakal budi. Jangan sampai semua perkembangan dan pertumbuhan seperti teknologi dan sebagainya menjadikan kita lalai dan menjadi lupa pada tugas utama kita sebagai makhluk yang diserahi tanggung jawab pada bumi sebagai rumah kita bersama. Masih banyak hal yang perlu di lakukan untuk menyelaraskan kehidupan sosial bermasyarakat kita pada perkembangan ini agar tidak terjadi dekadensi moral yang disebabkan lalainya kita pada semua nikmat ini. Perlu di buat aturan-aturan yang menggariskan tentang bagaimana tata-cara penggunaannya sistem internet agar tidak disalahgunakan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, dan juga pengawasan ekstra para orang tua terhadap anaknya agar tidak menjadi pecandu internet dan menjadi anak yang tidak mampu bersosialisasi dengan lingkungannya. Dan akhirnya semua menjadi tanggung jawab kita semua sebagai orang yang mengerti akan fenomena ini untuk terus mengawal perjalanannya agar tetap sesuai dengan apa yang menjadi falsafah bangsa Indonesia.













DAFTAR ISI  :
Salim, Joko. Step By Step Bisnis Online. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. 2009.
Salim, Joko. Online Entrepreneur. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. 2010.



















Comments

Popular posts from this blog

pemahaman etika menurut Aristoteles dan Immanuel Kant

MENURUT ARISTOTELES Etika adalah Ilmu yang membahas perbuatan baik dan perbuatan buruk manusia sejauh yang dapat dipahami oleh pikiran manusia. Istilah lain yang iden¬tik dengan etika, yaitu: • Susila (Sanskerta), lebih menunjukkan kepada dasar-dasar, prinsip, aturan hidup (sila) yang lebih baik (su). • Akhlak (Arab), berarti moral, dan etika berarti ilmu akhlak. Filsuf Aristoteles, dalam bukunya Etika Nikomacheia, menjelas¬kan tentang pembahasan Etika, sebagai berikut: • Terminius Techicus, Pengertian etika dalam hal ini adalah, etika dipelajari untuk ilmu pengetahuan yang mempelajari masalah perbuatan atau tindakan manusia. • Manner dan Custom, Membahas etika yang berkaitan dengan tata cara dan kebiasaan (adat) yang melekat dalam kodrat manusia (In herent in human nature) yang terikat dengan pengertian “baik dan buruk” suatu tingkah laku atau perbuatan manusia. Pengertian dan definisi Etika dari para filsuf atau ahli berbeda dalam pokok perhatiannya; antara lain:

Pendidikan Tidak Membuat Seseorang Menjadi Kaya

Pendidikan yang tinggi tidak membuat seseorang menjadi kaya, kerja keras dan usaha iya. Pendidikan hanya membuka perspektif baru yang lebih luas terhadap seseorang, memberi nya lensa baru, kacamata yang lebih beragam, berbeda dan lebih berwarna dalam memandang dan memaknai kehidupan. Kehidupan setelah menempuh pendidikan, adalah fase dimana seseorang sadar kalau dirinya tak disiapkan untuk menghasilkan uang, karna memang bukan itu tujuan dari sebuah pendidikan. Kita semua menyadari kalau pendidikan dinegeri ini mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi materi pembelajaran utamanya masih hanya berupa teori minim eksekusi atau praktek. Alhasil siswa yang dihasilkan hanya pintar bicara tapi minim aksi nyata. Konsep pemikiran buah dari pendidikan yang tinggi kalau hanya untuk mendapatkan materi sebanyak-banyaknya harus segera diubah, karna materi sebagai sebuah tujuan sangat kecil nilainya dan tidak bisa dibandingkan dengan ilmu pengetahuan yang didapat. Ilmu tidak bisa dibandi

HIDUP DIATAS STIGMA (puisi essay)

Tak pantaskah aku hidup selayaknya mereka? Tak bisakah aku bermain selayaknya anak biasa? Tak ada lagikah bagiku kesempatan untuk menuliskan cita-cita tanpa embel-embel pembangkangan dibelakangnya? Tak adakah harapan bagiku menjalani sisa hidup tanpa stigma atas dosa masa lalu ayah ibuku yang tak sepenuhnya mereka kerjakan? Inikah garis hidup yang engkau gariskan Tuhan, pada seorang gadis kecil tak tahu apa-apa dan tak tau arah mengadu kemana? PROLOG Gadis kecil itu tak tahu apa-apa Ditinggal ayah dan bundanya entah kemana Orang bilang diasingkan atau dilenyapkan Sungguh dua kata asing baginya dan semakin membingungkan saja Berjalan sendiri mengarungi hidup Tanpa punya tempat mengadu dan menyandarkan bahu kecil dan tubuh kurusnya Si gadis kecil dengan mimpi besar Seolah berjalan sendiri tanpa harapan Diana namanya. Ya, hanya diana saja Tanpa embel-embel nama belakang Apalagi bin dan binti yang menandakan kalau dia punya orang tua Setiap k